KOMPONEN PADA KOMPUTER


Komponen, Perangkat Tambahan (periferal) dan Sistem Penghitungan pada Komputer


a.         Komponen-komponen Komputer

Komputer terdiri dari tiga komponen utama yang tidak dapat dipisahkan, yaitu ;

1.   Hardware (perangkat keras), merupakan peralatan fisik dari komputer yang dapat kita lihat dan rasakan. Hardware ini terdiri dari ;

a)    Input/Output Device (I/O Device). Terdiri dari perangkat masukan dan keluaran, seperti keyboard dan printer.

b)    Storage Device (perangkat penyimpanan) merupakan media untuk menyimpan data seperti disket, harddisk, CD-RW, dll.

c)    Monitor/Screen Monitor merupakan sarana untuk menampilkan apa yang kita ketikkan pada papan keyboard setelah diolah oleh prosesor. Monitor disebut juga dengan Visual Display Unit (VDU).

d)    Casing Unit, adalah tempat dari semua peralatan komputer, baik itu motherboard, card, paripheal lain dan Central Processing Unit (CPU). Casing unit ini disebut juga dengan System Unit.

e)    Central Procesing Unit (Cpu) adalah salah satu bagian komputer yang paling penting, karena jenis prosesor menentukan pula jenis komputer. Baik tidaknya suatu komputer, jenis komputer, harga komputer, ditentukan terutama oleh jenis prosesornya semakin canggih prosesor komputer, maka kemampuannya akan semakin baik dan biasannya harganya akan semakin mahal.

2.   Software (Perangkat lunak), merupakan program-program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki. Program tersebut ditulis dengan bahasa khusus yang dimengerti oleh komputer, software terdiri dari beberapa jenis, yaitu :

a)    Sistem operasi, adalah software yang berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehingga masing-masing perangkat dapat saling berkomunikasi. Tanpa ada sistem operasi maka komputer tak dapat difungsikan sama sekali.

b)    Program Utility, berfungsi untuk membantu atau mengisi kekurangan/kelemahan dari sistem operasi, misalnya PC Tools dapat melakukan perintah format sebagaimana DOS, tapi PC Tools mampu memberikan keterangan dan animasi yang bagus dalam proses pemformatan. File yang telah dihapus oleh DOS tidak dapat dikembalikan lagi tapi dengan program bantu hal ini dapat dilakukan.

c)    Program Aplikasi, merupakan program yang khusus melakukan suatu pekerjaan tertentu. Biasanya program aplikasi ini dibuat oleh seorang programmer komputer.

d)    Program Paket, seperti MS-Word, MS-Excel, MS-PowerPoint dll, adalah program yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat digunakan oleh banyak orang dengan berbagai kepentingan.

e)    Bahasa Pemrogaman, Pascal, Fortran, Clipper, dBase, dll, merupakan software yang khusus digunakan untuk membuat program komputer, apakah itu sistem operasi, program paket dll.

b.         Perangkat Tambahan (Periferal)

Untuk meningkatkan kinerja dari komputer, maka komputer harus memasukkan perangkat tambahan yang dipasang pada motherboardnya, terutama bagian yang bertugas menerima tambahan peralatan (expansion slot). Banyak peripheral lain yang mampu menambah kemampuan komputer menjadi mesin yang lain. Untuk lebih jelasnya perhatikan table berikut ini :


c.         Sistem Penghitungan Komputer

            Komputer dapat menyusun data dalam bentuk 1 dan 0. Data diletakkan dalam “chips” atau dalam “memory” dari komputer dalam bentuk gelombang listrik : bila terdapat sedikit saja aliran listrik masuk kedalam area tertentu dari “chip” tersebut maka komputer akan menginterprestasikannya sebagai SATU. Bila tidak ada masukan aliran listrik, komputer akan menginterprestasikannya sebagai NOL. Kumpulan dari 1 dan 0 akan membentuk sebuah angka atau huruf. Sebagai contoh : 01001110 dapat membentuk huruf “A”.
            Angka-angka NOL dan SATU yang diproduksi dan diolah melalui komputer dihitung dengan system metric. Sistem ini dipergunakan untuk menghitung sejumlah informasi yang disimpan komputer, ukuran dari harddisk atau disket, jumlah RAM yang tersedia dan ukuran dari program-program uang ada. Hal ini akan dimulai dengan satu BIT : yang berarti SATU atau NOL. Bila anda meletakkan delapan BIT (S) secara bersama-sama maka anda memiliki BYTE- yang merupakan jumlah bits yang dibutuhkan untuk sebuah karakter teks.

1 BIT               = 8 BYTES                           = SATU karakter
KILOBYTE      = (sekitar) 1.000 bytes         = satu halaman dengan spasi “double”
MEGABYTE    = (sekitar) 1.000.000 bytes  = satu disket
GIGABYTE     = (sekitar) 1.000 juta bytes   = banyak sekali

            Program dapat menggunakan beberapa megabytes dalam ruang penyimpanan yang berada dalam sebuah harddisk. Demikian halnya bagian dari program anda yang dikerjakan dapat menggunakan ruang dalam memori RAM. Karena itulah terkadang muncul pesan komputer “Not Enough Memory” (tidak cukup memori). Pesan itu berarti tidak terdapat cukup RAM untuk mengoperasikan program karena :

-       Tidak cukup banyak RAM chip yang di-install 
-    Program lainnya juga menggunakan RAM di komputer.

0 Response to "KOMPONEN PADA KOMPUTER"

Post a Comment

loading...

wdcfawqafwef

loading...