Apa Itu Stand Up Comedy?


PENGERTIAN STAND UP COMEDY

Stand Up Comedy : Pelawak tunggal, yaitu salah satu genre profesi melawak yang pelawaknya membawakan lawakannya di atas panggung seorang diri, biasanya di depan pemirsa langsung, dengan cara bermonolog mengenai sesuatu topik. Orang yang biasa Stand Up Comedy disebut pelawak tunggal, komik, komika, (bahasa inggris : stand up comedian). Biasanya para komik membawakan materi mereka dengan gaya monolog, walaupun ada beberapa jurus yang mengharuskan mereka berinteraksi dengan penonton.

DASAR JOKE

Sebuah joke terdiri dari 2 bagian, yaitu Set Up dan Punch Line. Set Up adalah bagian pertama dari joke yang mempersiapkan tawa. Dibagian ini membuat agar penonton mengharapkan sesuatu. Sedangkan Punch Line adalah bagian kedua dari joke yang berisi tawa. Dibagian inilah harapan penonton pada Set Up dibelokkan agar tercipta tawa.
Contoh :
"Gue ga homo, cowok gue yang homo!" - Mongol
"Gue ga homo" adalah Set Up yang menunjukkan penolakan terhadap tuduhan bahwa Mongol adalah homo.
"Cowok gue yang homo" adalah Punch Line yang "ternyata" dia adalah homo.

TEKNIK - TEKNIK DALAM STAND UP COMEDY

One Liner

One Liner adalah bit singkat yang terdiri dari satu sampai tiga kalimat saja. Contoh di atas adalah termasuk one liner. One liner susah karena Set Up yang dihantarkan harus secepatnya memancing harapan penonton.

Call Back

Nah kalo call back itu adalah teknik yang menggunakan punch line pada bit-bit sebelumnya sebagai punch line pada bit sekarang. Sehingga contoh susunan penampilan stand up berbentuk seperti berikut:

Set up 1 – punch line 1, set up 2 – punch line 2, set up 3 – punch line.
Rule of Three

Sedangkan rule of three adalah teknik penggunaan tiga kalimat, dua kalimat awal digunakan sebagai set up, satu kalimat terakhir digunakan sebagai punch line. Contoh rule of three yang digunakan oleh Ryan Adriandhy:"Ngajarin Raditya Dika ngelawak itu kayak ngajarin Melly bikin lagu, ngajarin Deddy cara main sulap, atau ngajarin Syahrini cara bedakan." - Ryan

Set up 1: Ngajarin Raditya Dika ngelawak itu kayak ngajarin Melly bikin lagu.

Set up 2: Ngajarin Deddy cara main sulap.
Punch line: Atau ngajarin Syahrini cara bedakan.

Act Out

Act out adalah menunjukkan dengan gerakan. Act out sering digunakan dalam standup comedy karena mudah dan keberhasilan tinggi. Biasanya Act out sebagai punch nya.

Impersonation

Impersonation adalah teknik peniruan tokoh, biasanya yang sudah terkenal. Peniruan bisa gaya bicara, gerak tubuh, dan kata-kata khasnya.

Comparisons

Comparisons adalah penyampaian joke dengan melakukan pembandingan dua hal atau lebih. Contoh comparisons yang dilakukan oleh Boris Bokir:

Riffing

Riffing adalah mengajak penonton untuk berinteraksi. Biasanya menjadikan penonton sebagai objek joke. Hati-hati menggunakan riffing karena sering gagal atau mungkin menyinggung perasaan penonton.

Gimmick


Gimmick adalah alat bantu atau hal lain di luar stand up comedy yang digunakan untuk joke. Biasanya sebagai punch line.

Heckler

Heckler adalah pengganggu dalam stand up. Heckler biasanya berteriak saat set up sedang dibawakan, meneriakkan punch line sebelum comic mengutarakannya, atau bahkan menyuruh comic untuk turun dengan kalimat “Huu... atau Turunnnn”. Heckler harus diatasi sehingga dia tidak mengganggu comic. Biasanya cara mengatasinya adalah menjadikannya bahan joke dengan sedikit menghina agar dia diam.

0 Response to "Apa Itu Stand Up Comedy?"

Post a Comment

loading...

wdcfawqafwef

loading...